Hak Cipta 2024 slot online| All Rights Reserved By Rajalangit88 | 18+
PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI DAN WORD OF MOUTH TERHADAP PERPINDAHAN MEREK (Studi pada perpindahan merek skincare lain ke skincare MS Glow di Purworejo) | Widyaningsih | VOLATILITAS

PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI DAN WORD OF MOUTH TERHADAP PERPINDAHAN MEREK (Studi pada perpindahan merek skincare lain ke skincare MS Glow di Purworejo)

Wiwit Widyaningsih, Titin Ekowati, Dedi Runanto

Abstract


Sekarang ini banyak merek dan produk skincare yang muncul dan bersaing di pasar sehingga konsumen memiliki beragam pilihan dan alternative produk skincare yang dapat memenuhi kebutuhannya. Seiring berjalannya waktu, brand baru bermunculan dan mencoba meneliti pangsa pasar skincare MS Glow. Pada penelitian ini peneliti memfokuskan penelitian pada konsumen yang berpindah merek dari skincare lain ke skincare MS Glow.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen terhadap Perpindahan Merek, (2) Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek, (3) Word of Mouth terhadap Perpindahan Merek.
Objek Penelitian ini adalah skincare MS Glow. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berpindah merek dari skincare lain ke skincare MS Glow di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 responden. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi dan word of mouth secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek pada konsumen skincare lain yang berpindah ke skincare MS Glow di Purworejo. Dengan demikian, seluruh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti dan dapat diterima.
Kata Kunci: ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi, word of mouth dan perpindahan merek.

Full Text:

PDF



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.