PENGARUH STRATEGI RESOURCE BASED VIEW DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Survei Pada Pengrajin Besek di Desa Guntur, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo)

Restu Ayu Afifah, Titin Ekowati, Dedi Runanto

Abstract


Persaingan usaha di berbagai bidang yang demikian ketat menjadi tantangan dan ancaman bagi pelaku usaha untuk dapat memenangkan persaingan. Dengan semakin berkembangnya suatu bidang usaha pasti akan banyak usaha sejenis yang bermunculan, hal ini juga terjadi pada industri kerajinan besek yang mengakibatkan adanya persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Resource Based View (RBV) merupakan suatu pendekatan strategi organisasi yang menganggap bahwa organisasi merupakan suatu kumpulan aset, sumber daya dan kompetensi yang bersifat tangible dan intangible yang sulit ditiru oleh pesaing dan pasar serta sebagai sumber keuntungan kompetitif. Serta orientasi kewirausahaaan yang terdiri dari sikap inovatif, proaktif dan pengambilan resiko yang dimiliki pelaku usaha memiliki pengaruh langsung terhadap peningkatan keunggulan bersaing.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh strategi resource based view terhadap keunggulan bersaing dan 2) pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian pengrajin kerajinan besek di Desa Guntur, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Jenis metode yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan jawaban dinilai dengan skala likert. Kuisioner telah di uji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi resource based view berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.
Kata kunci: Resource Based View, Orientasi Kewirausahaan, dan Keunggulan Bersaing.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.