PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, HARGA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE OPPO (Studi Masyarakat di Kabupaten Purworejo)
Abstract
Minat beli dalam diri konsumen merupakan faktor yang penting dalam kegiatan pemasaran, karena minat membeli merupakan suatu perilaku konsumen yang melandasi suatu keputusan pembelian yang hendak dilakukan. Minat beli dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya daya tarik iklan, harga dan electronic word of mouth. Daya tarik iklan dan harga smartphone Oppo dipandang sebagai sesuatu hal yang penting dalam meningkatkan minat beli konsumen. Selain itu, electronic word of mouth yang bersifat positif terhadap smartphone Oppo menjadi pesan efektif dalam mengurangi risiko dan ketidakpastian yang dialami konsumen saat membeli, sehingga dapat mempengaruhi minat beli konsumen
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: pengaruh daya tarik iklan terhadap minat beli konsumen, pengaruh harga terhadap minat beli konsumen dan pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Purworejo. Sampel yang digunakan sebanyak 120 responden. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria: Masayarakat mengetahui produk smartphone Oppo dan berusia minimal 18 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang dibagikan responden. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh pernyataan yang diberikan kepada responden telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel daya tarik iklan, harga dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli konsumen di Kabupaten purworejo.
Kata kunci: Daya Tarik Iklan, Harga, Electronic Word Of Mouth dan Minat Beli
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.