PENGARUH IKLAN TELEVISI TERHADAP PURCHASE INTENTION SKINCARE SAFI DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Banyak sekali cara untuk dapat menumbuhkan purchase intention (minat beli) konsumen. Salah satunya yaitu dengan menggunakan iklan televisi yang merupakan alat pemasaran paling mudah untuk menjangkau konsumen. Penayangan iklan televisi yang kreatif dan sering diputar pada celah antar program televisi akan memudahkan konsumen untuk menyadari kehadiran merek tersebut. Konsumen yang sadar akan merek juga mampu mendukung timbulnya purchase intention dalam benak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh iklan televisi terhadap purchase intention; 2) iklan televisi terhadap brand awareness; 3) brand awareness terhadap purchase intention; 4) iklan televisi terhadap purchase intention dengan memasukkan brand awareness sebagai variabel mediasi.
Populasi penelitian ini adalah konsumen yang mengetahui atau pernah melihat iklan televisi skincare Safi di Kota Purworejo.Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, pengukuran menggunakan skala likert.Kuesioner telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Untuk membuktikan hipotesis penelitian digunakan hierarchical regression analysis dan sobel test.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: 1) iklan televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention; 2) iklan televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness; 3) brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention; 4) brand awareness memediasi secara sempurna pengaruh iklan televisi terhadap purchase intention.
Kata kunci: Iklan Televisi, Brand Awareness, Purchase Intention
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.