PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen JimsHoney Collection di Wonosobo)
Abstract
Persaingan yang semakin ketat dalam penjualan produk online shop terutama yang bergerak di bidang fashion, menjadikan masing-masing penjual mulai dari penjual grosir ataupun eceran memberikan berbagai penawaran menarik yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Pada saat seorang individu melakukan pembelian maka terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, diantaranya adalah electronic word-of-mouth. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh word-of-mouth intensity terhadap keputusan pembelian, menguji pengaruh positive valence word-of-mouth terhadap keputusan pembelian, dan menguji pengaruh word-of-mouth content terhadap keputusan pembelian.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen JimsHoney Collection di Wonosobo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah valid dan reliabel. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, word-of-mouth intensity terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, positive valence word-of-mouth terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Serta word-of-mouth content terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : electronic word-of-mouth, word-of-mouth intensity, positive valence word-of-mouth, word-of-mouth content, keputusan pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.