PENGARUH LABEL HALAL DAN RELIGIUSITAS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Restoran KFC di Yogyakarta)
Abstract
Mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam, sehingga gaya hidup masyarakat di Indonesia saat ini cenderung berorientasi modern dan islami. Perkembangan gaya hidup berorientasi modern dan mengacu pada nilai-nilai Islam tersebut dapat dilihat dari beberapa fenomena seperti masyarakat semakin kritis dalam menilai kehalalan produk yang akan dikonsumsi. Fenomenatersebutberdampak pada konsumenprodukmakanancepatsajidalam keputusan pembelian, produk mana yang akanmenjadikeputusanpembeliandengankesesuaian dan keyakinankonsumentersebut.
Penelitianinibertujuanuntuk menguji pengaruh labelhalal terhadap keputusan pembelian dan menguji pengaruh religiusitas konsumen terhadap keputusan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen restoran KFC Yogyakarta. MetodepengambilansampelpenelitianmenggunakannonprobabilitysSampling yaitu dengan purposive sampling. Sampeldalampenelitianinisebanyak 100 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakananalisisregresi linier berganda dengan bantuan softwareatau program SPSS. Hasil pengujianhipotesismenunjukkanbahwalabeI halalberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkeputusan pembelian dan religiusitas konsumen berpengaruhsecarapositif dan signifikanterhadapkeputusan pembelian
Kata Kunci: keputusanpembelian, label halal, religiusitaskonsumen
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.