PENGARUH GREEN PRODUCT QUALITY DAN GREEN CORPORATE IMAGE TERHADAP GREEN CUSTOMER LOYALTY DIMEDIASIGREEN CUSTOMER SATISFACTION (Studi pada Konsumen lemari es SHARP J-Tech Inverter di Kabupaten Purworejo)
Abstract
Dewasa ini perkembangan industri dan teknologi semakin pesat, menyebabkan munculnya berbagai masalah lingkungan hidup di masyarakat, seperti pencemaran lingkungan, kerusakan hutan, dan pemanasan global. Kerusakan lingkungan menjadi masalah besar yang dapat mengancam lingkungan hidup manusia seperti, penipisan lapisan ozon, pencemaran udara, air dan tanah. Hal ini, membuat perusahaan sebagai produsenyang menghasilkan berbagai macam produk, sedikit demi sedikit harus mulaipedulidanberalihmenggunakanbahanbakuproduksiyangtidakmerusaklingkungan atau istilah lainnya bahan yang ramah lingkungan, sehingga konsumen mendapatkan produk yang layak, aman, dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh green product quality terhadap green customer loyalty,2) pengaruh green corporate image terhadap green customer loyalty, 3) pengaruh green product quality terhadap green customer satisfaction, 4) pengaruh green corporate image terhadap green customer satisfaction, 5) pengaruh green customer satisfaction terhadap green customer loyalty, 6)pengaruh mediasi green customer satisfaction padagreen product quality terhadap green customer loyalty, 7)pengaruh mediasi green customer satisfaction pada green corporate image terhadap green customer loyalty.
Populasi penelitian ini adalah konsumen Purworejo yang membeli lemari es SHARP J-tech Inverter. Sampel penelitian ini sebanyak 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Setelah dilakukan pengujian, kuesioner memenuhi syarat reliabilitas dan validitas. Metode analisis yang digunakan adalahhierarchicalreggression analyisis.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa green product quality, green corporate image, dan green customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap green customer loyalty. Selain itu, green product quality dan green corporate image berpengaruh positif dan signifikan terhadap green customer satisfaction. Serta, green customer satisfaction dalam hal ini, memediasi secara penuh (Full mediation) pada green product quality dan green corporate image terhadap green customer loyalty.
Kata kunci:Green Product Quality, Green Corporate Image, Green Customer Satisfaction, Green Customer Loyalty.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.