PENGARUH PRICE DISCOUNT, BONUS PACK, DANIN-STORE DISPLAY TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi pada Konsumen Alfamart Purworejo)

Fani Galih Saputro, Titin Ekowati, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Semakin berkembang pesatnya bisnis ritel di Purworejo terbukti dengan banyaknya persaingan antar peritel. Mereka yang berusaha meningkatkan cara memasarkan produk melalui teknik pemasaran yang beranekaragam. Salah satunya adalah teknik promo penjualan didalam toko berupa price discount, bonus pack, dan in-strore display.Teknik promo penjualan dalam toko sendiri dapat mendorong konsumen untuk melakukan Impulse buying semakin kuat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh price discount, bonus pack, dan in-store display terhadap impulse buying.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di Alfmart Purworejo. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Responden penelitian ini sebanyak 120. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing telah diuji coba dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk membuktikan hipotesis penelitian digunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa price discount berpengaruh positif dan siginifikan terhadap impulse buying, bonus pack berpengaruh positif dan siginifikan terhadap impulse buying,dan in-store display berpengaruh positif dan siginifikan terhadap impulse buying. Dengan demikian, seluruh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti dan dapat diterima.
Kata kunci: price discount, bonus pack, in-store display, impulse buying


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.