PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI ULANG TIKET ELEKTRONIK KERETA API
Abstract
Pada saat ini aplikasi mobile semakin berkembang, salah satunya adalah aplikasi untuk memesan tiket kereta api secara online. Aplikasi KAI Acces merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia yang dapat digunakan untuk mencari informasi dan dapat digunakan pembelian tiket secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan kepercayaan terhadap minat beli ulang.
Populasi pada penelitian ini adalah pengguna kereta api yang melakukan pembelian tiket dengan aplikasi KAI Acces. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Responden penelitian ini sebanyak 120. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk membuktikan hipotesis penelitian digunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh positif dan siginifikan terhadap minat beli ulang, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap minat beli ulang, dan kepercayaan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap minat beli ulang. Dengan demikian, seluruh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti dan dapat diterima.
Kata kunci: persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, minat beli ulang
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.