PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH(e-WOM) TERHADAP PURCHASE INTENTIONDENGAN BRAND IMAGESEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PENGGUNA SMARTPHONE REALME)

Pipit Ade Liyana, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Memasuki era digital, penggunaan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) smartphone sangat tinggi. Smartphone telah menjadi kebutuhan pokok manusia dalam memudahkan komunikasi. Saat ini, perusahaan memanfaatkan internet atau electronic word of mouth berupa instagram dalam memasarkan produknya, sehingga konsumen dengan mudah akan mendapatkan informasi mengenai produk. Selain itu, konsumen juga mempertimbangkan brand image produk yang digunakan perusahaan dalam mempengaruhi purchase intention. Adanya brand imageyang baiksebagai hasil dari electronic word of mouthakan mempengaruhi konsumen terhadap purchase intention.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) electronic word of mouth(e-WOM) terhadap purchase intention(2) electronic word of mouth (e-WOM) terhadap brand image(3) brand image terhadap purchase intention(4) peran mediasi brand image pada electronic word of mouth (e-WOM)terhadap purchase intention.
Populasi penelitian ini adalah masyarakat di Purworejo yang memiliki pengetahuan terhadap smartphone Realme dan mengikuti akun instagramsmartphone Realme. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Kuesionertelah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisisyang digunakan adalah hierarchial reggression analysis dan sobel test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) electronic word of mouth (e-WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention(2) electronic word of mouth (e-WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image (3) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention (4) brand image dapat memediasi pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) terhadap purchase intention, berupa mediasi penuh (full mediation).
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Brand Image, Purchase Intention


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.