PENGARUH CONSUMPTION VALUE DAN RELATIONAL BENEFITSTERHADAP BRAND COMMITMENT (Studi pada Pengguna Smartphone Samsung di Kebumen)
Abstract
Di era Revolusi industri 4.0 saat ini istilah teknologi tidaklah asing dan sangat erat dalam kehidupan manusia setiap harinya. Oleh sebab itu, produk Samsung harus memiliki strategi yang tepat agar produknya tetap dipercaya oleh konsumen. Salah satu cara yang harus dilakukan oleh produk Samsung yaitu dengan cara memberikan pelayanan yang baik dan memberikan informasi yang cukup tentang produk Samsung kepada konsumen. Brand commitment sebagai bentuk keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti consumption value dan relational value.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) functional valueberpengaruhterhadap brand commitment (2) emotional valueberpengaruhterhadapbrand commitment (3) social valueberpengaruh terhadap brand commitment (4) epistemic valueberpengaruhterhadap brand commitment (5) functional benefitberpengaruhterhadap brand commitment (6) social benefitberpengaruhterhadap brand commitment (7) confidence benefitberpengaruhterhadap brand commitment (8) special treatment benefitberpengaruh positif terhadap brand commitment.
Populasi penelitian ini adalah pengguna Smartphone Samsung di Kebumen. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yang disesuaikan dengan tujuan penelitian dengan kriteria yang ditetapkan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diujicobadan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa functional value, Emotional value, Social value, Epistemic value, Functional benefit, Social benefit, Confidence benefitdanSpecial treatment benefitberpengaruh positif dan signifikan terhadap brand commitment.
Kata Kunci:consumption values, relational benefits dan brand commitment
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.