PENGARUH ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE DANENVIRONMENTAL CONCERN TERHADAPGREEN PURCHASE INTENTION YANGDIMEDIASI OLEH ATTITUDE

Chici Indah Sari, Budiyanto Budiyanto, Esti Margiyanti Utami

Abstract


Saat ini banyak ditemukan produk ramah lingkungan yang beredar di pasaran.Namun, pada kenyataannya tetapi tidak semua individu sebagai konsumen memiliki niat untuk membeli produk ramah lingkungan (green purchase intention), konsumen justru memilih produk biasa yang dinilai tidak ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengujipengaruh environmental knowledge terhadap green purchase intention, pengaruh environmental concern terhadap green purchase intention, pengaruh environmental knowledge terhadap attitude, pengaruh environmental concern terhadap attitude, pengaruh attitude terhadap green purchase intention, mediasi attitude pada pengaruh environmental knowledge terhadap green purchase intention, mediasi attitude pada pengaruh environmental concern terhadap green purchase intention.
Populasi pada penelitian ini adalah semua individu yang memiliki keinginan untuk membeli produk ramah lingkungan di Kota Purworejo.Pengambilan sampelmenggunakan teknik purposivesampling, sampel yangdigunakan pada penelitian ini sebanyak 120 responden.Metode pada penelitian ini menggunakan kuesioneryang telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Pengujian hipotesis menggunakan hierarchical regression.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: environmental knowledge berpengaruh positif terhadap green purchase intention, environmentalconcern berpengaruh positif terhadap green purchase intention, environmentalknowledge berpengaruh positif terhadap attitude, environmentalconcern berpengaruh positif terhadap attitude, attitudeberpengaruh positif terhadap green purchase intention, attitudememediasi environmental knowledge terhadap green purchase intention, attitudememediasi environmental concern terhadap green purchase intention.
Kata kunci : environmental knowledge, environmental concern, green purchase intention, attitude


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto