PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CONSUMER PURCHASE INTENTION MELALUI CONSUMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR (Studi pada Toko Online Zalora Indonesia di Facebook)

Fitriyani Fitriyani, Endah Pri Ariningsih, Wijayanti Wijayanti

Abstract


Perkembangan teknologi mengubah pemasaran tradisional menjadi pemasaran online yang lebih memudahkan bagi konsumen. Social media marketing sangat diperhatikan dalam pemasaran, sehingga menghasilkan consumer engagement yang baik dan diharapkan mampu meningkatkan consumer purchase intention pada diri konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) Pengaruh social media marketing terhadap consumer purchase intention, (2) Pengaruh social media marketing terhadap consumer engagement, (3) Pengaruh consumer engagement terhadap consumer purchase intention, (4) Pengaruh social media marketing terhadap consumer purchase intention melalui consumer engagement sebagai variabel mediator.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengikut halaman Facebook Zalora Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 120 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan skala Likert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah hierachical regression analysis.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) social media marketing berpengaruh positif terhadap consumer purchase intention; (2) social media marketing berpengaruh positif terhadap consumer engagement; (3) consumer engagement berpengaruh positif terhadap consumer purchase intention; dan (4) consumer engagement memediasi pengaruh social media marketing terhadap consumer purchase intention secara sempurna.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Consumer Purchase Intention, Consumer Engagement.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.