PENGARUH SELF-CONCEPT DAN LIFESTYLETERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen RA Jeans di Purworejo)
Abstract
Tantangan usaha saat ini adalah munculnya persaingan yang semakin ketat
disegala bidang, tidak terkecuali di bidang fashionsehingga menyebabkan para pelaku
usaha untuk terus melakukan berbagai upaya dalam merebut hati konsumen agar
konsumen dapat memutuskan pembelian pada produk yang dipasarkannya. Keputusan
pembelian dapat dipengaruhi oleh karakteristik pribadi seperti self-concept (konsep diri)
dan lifestyle (gaya hidup). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
menguji pengaruh self-conceptterhadap keputusan pembelian, dan menguji pengaruh
lifestyleterhadap keputusan pembelian.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua konsumen RA Jeans di
Purworejo. Sampel yang digunakan sebanyak 120 responden menggunakan teknik
purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diujicobakan
dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Pengujian hipotesis menggunakan analisis
regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka disimpulkan:selfconceptberpengaruh
positif terhadap keputusan pembelian konsumen RA Jeans di
Purworejo, dan lifestyleberpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen
RA Jeans di Purworejo.
Kata kunci: self-concept, lifestyle, keputusan pembelian, regresi linier berganda,
purposive sampling
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.