PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING MELALUI INOVASI PRODUK (Studi pada Pelaku UKM di Kabupaten Purworejo)

Yusrotun Na’imah

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian di Indikator, seperti perluasan kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja, pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB), dan menyediakan jaring pengaman terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk menjalankan kegiatan ekonomi produktif. Dalam era yang cepat mengalami perubahan seperti saat ini, persaingan yang muncul pada UMKM berada dalam lingkungan yang dinamis dan penuh ketidakpastian. Dalam kondisi ini, pelaku UMKM harus menciptakan strategi yang tepat agar perusahaan mampu bersaing. Oleh karena itu, perlu meningkatkan inovasi produk guna mencapai keunggulan bersaing dengan cara berorientasi pasar dan berorientasi kewirausahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing (2) orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing (3) orientasi kewirausahaan terhadap inovasi produk (4) orientasi pasar terhadap inovasi produk (5) inovasi produk terhadap keunggulan bersaing (6) inovasi produk memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing (7) inovasi produk memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing.
Populasi penelitian ini adalah semua pelaku UKM di Kabupaten Purworejo yang tercatat di DinKUKMP. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yang disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang terjawab lengkap, sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan hierarchical regression analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk. Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keunggulan
2
bersaing dengan inovasi produk sebagai variabel mediasi. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan inovasi produk sebagai variabel mediasi.
Kata Kunci: Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.