PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN BRAND CONSCIOUSNESS DAN VALUE CONSCIOUSNESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Tas Sophie Paris di Purworejo)

Tri Anjas Pratiwi

Abstract


Perkembangan media sosial yang semakin meningkat menjadi salah satu alat yang efektif dan efisien dalam melakukan penjualan. Sophie Paris merupakan salah satu brand fashion yang menggunakan media sosial dalam strategi penjualannya, produk Sophie Paris saat ini menjadi trend dimasyarakat terutama kalangan muda. Penggunaan social media marketing yang diterapkan Sophie Paris merupakan salah satu strategi yang baik. Tampilan konten yang menarik tentang produk dan promosi penjualan yang dapat meningkatkan daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen. Penelitian ini untuk menguji pengaruh: 1) social media marketing terhadap brand loyalty, 2) social media marketing terhadap brand consciousness, 3) brand consciousness terhadap brand loyalty, 4) social media marketing terhadap value consciousness, 5) value consciousness terhadap brand loyalty, 6) brand consciousness memediasi pengaruh social media marketing terhadap brand loyalty, 7) value consciousness memediasi pengaruh social media marketing terhadap brand loyalty.
Populasi penelitian adalah konsumen tas Sophie Paris di Purworejo. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik judgement sampling dengan sampel sebanyak 120 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis hierarchical regression analysis.
Hasil analisis data menunjukan bahwa: 1) social media marketing berpengaruh positif terhadap brand loyalty, 2) social media marketing berpengaruh positif terhadap brand consciousness, 3) brand consciousness berpengaruh positif terhadap terhadap brand loyalty, 4) social media marketing berpengaruh positif terhadap value consciousness, 5) value consciousness berpengaruh positif terhadap brand loyalty, 6) brand consciousness dapat memediasi pengaruh social media marketing terhadap brand loyalty, 7) value consciousness dapat memediasi pengaruh social media marketing terhadap brand loyalty.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Brand Consciousness, Value Consciousness, Brand Loyalty.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.