PENGARUH ENVIRONMENTAL FRIENDLINESS TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH GREEN PERCEIVED VALUE (Studi Pada Konsumen Produk Tupperware di Purworejo)
Abstract
revolusi industri 4.0 yang secara fundamental mengubah pola hidup seperti cara manusia bekerja dan berhubungan satu sama lain. Perkembangan akan terus terjadi dan sulit untuk diprediksi. Salah satu dampak negatif dari berkembangnya industri adalah polusi dan limbah yang dihasilkan karena efek samping pabrik, mesin, serta bahan kimia yang digunakan dalam proses industri yang akan berpengaruh terhadap lingkungan. Perusahaan menanggapi isu lingkungan tersebut dalam aktivitas pemasaran yang dilakukan, yang berdampak pada fenomena baru dalam dunia pemasaran berupa konsep green marketing. Dengan menciptakan green product, perusahaan bertujuan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif atas pesaing-pesaing yang ada melalui terbentuknya niat beli konsumen terhadap produk ramah lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) environmental friendliness terhadap green purchase intention (2) environmental friendliness terhadap green perceived value (3) green perceived value terhadap green purchase intention (4) green perceived value memediasi pengaruh environmental friendliness terhadap green purchase intention.
Populasi penelitian ini adalah konsumen produk Tupperware di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yang disesuaikan dengan tujuan penelitian dengan kriteria yang ditetapkan. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang terjawab lengkap, sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan hierarchical regression analysis.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.