PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Konsumen Miniso Armada Town Square Magelang)
Abstract
Pertumbuhan Industri ritel yang semakin pesat menjadikan para pengusaha ritel
berlomba-lomba untuk memenangkan pangsa pasar di Indonesia. Hal ini mengharuskan
seorang pemasar membuat strategi pemasaran untuk dapat bersaing. Miniso Armada Town
Square termasuk ritel modern milik Jepang dan menjadi satu-satunya di Magelang. Berbagai
macam penjualan serta penataan konsep ruang yang dilakukan menjadikan Miniso Armada
Town Square banyak digandrungi oleh masyarakat. Atmosfer toko yang dibuat semenarik
mungkin serta promosi penjualan yang dilakukan menjadikan konsumen tertarik untuk datang
dan berbelanja, serta dapat meningkatkan kenyamanan konsumen saat berada di dalam toko.
Dengan menciptakan store atmosphere dan sales promotion, akan tercipta positive emotion
dalam diri konsumen sehingga dapat mendorong terjadinya impulse buying.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara (1) store atmosphere
terhadap positive emotion (2) sales promotion terhadap positive emotion (3) store atmosphere
terhadap impulse buying (4) sales promotion terhadap impulse buying (5) positive emotion
terhadap impulse buying (6) positive emotion memediasi pengaruh store atmosphere terhadap
impulse buying (7) positive emotion memediasi pengaruh sales promotion terhadap impulse
buying.
Populasi penelitian ini adalah konsumen Miniso yang pernah melakukan impulse buying
di gerai Miniso Armada Town Square Magelang. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling (judgement sampling).
Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang terjawab
lengkap, sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisi data
menggunakan hierarchical regression analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa store atmosphere, sales promotion, dan positive
emotion berpengaruh terhadap impulse buying. Selain itu, positive emotion juga memediasi
secara parsial untuk pengaruh store atmosphere dan sales promotion terhadap impulse buying.
Kata Kunci: Store Atmosphere, Sales Promotion, Positive Emotion, Impulse Buying
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.