PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP BRAND EQUITY YANG DIMEDIASI OLEH CORPORATE IMAGEDAN BRAND AWARENESS PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) CABANG PURWOREJO

Rulloh Delia Anggorowati

Abstract


Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa perbankan memerlukan suatu efisiensi dengan mempersingkat serta mempercepat akses layanan yang merupakan kebutuhan nasabah saat ini. Sehingga diharapkan dapat mendukung peran perusahaan perbankan dalam membentuk suatu ekuitas merek yang baik terhadap produk layanan jasanya. Salah satunya yaitu PT. Bank Rakyat Indoneisa (Persero) yang merupakan bank milik pemerintah yang terbesar dan tersebar di Indonesia. Meningkatkan brand equity dengan melaksanakan program-program corporate social responsibility melalui brand awareness dan corporate image yang selanjutnya dapat menambah nilai brand equity dimasa yang akan datang.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) Pengaruh corporate social responsibility terhadap brand equity, 2) Pengaruh corporate social responsibility terhadap brand awareness, 3) Pengaruh corporate social responsibility terhadap corporate image, 4) Pengaruh brand awareness terhadap brand equity, 5) Pengaruh corporate image terhadap brand equit, 6) Pengaruh corporate social responsibility terhadap brand equity yang dimediasi oleh brand awareness, 7) Pengaruh corporate social responsibility terhadap brand equity yang dimediasi oleh corporate image.
Populasi penelitian ini adalah nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pegujian hipotesis yang digunakan hierarchical regression analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap brand equity, corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap brand awareness, corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap corporate image, brand awareness berpengaruh positif terhadap brand equity, corporate image berpengaruh positif terhadap brand equity, brand awareness memediasi pengaruh corporate social responsibility terhadap brand equity, dan corporate image memediasi pengaruh corporate social responsibility terhadap brand equity.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Brand Awareness, Corporate image, Brand Equity.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.