PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY (Studi pada Pengguna Grab di Kota Yogyakarta)

Yanuar Miftahul Kholish

Abstract


Seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan hidup semakin beragam. Setiap
individu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan membeli
produk atau jasa. Konsumen yang memiliki nilai positif terhadap suatu merek
barang atau jasa, akan lebih memungkinkan untuk melakukan pembelian
ulang.Faktor-faktor yang mendorong atau mempengaruhi loyalitas merek
terhadap suatu produk atau jasa adalah brand image dan brand trust. Berbagai
cara akan dilakukan perusahaan agar memperoleh kepercayaan dan loyalitas dari
pelanggan, begitu pula perusahaan Grab. Perusahaan Grab untuk bisa bersaing
di pasaran, Grab selalu meningkatkan brand image dan brand trust demi
mendapatkan brand loyalty dari pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk
menguji pengaruh : (1) Brand image terhadap brand loyalty (2) Brand trust
terhadap brand loyalty.
Objek penelitian ini adalah jasa transportasi online Grab di Yogyakarta. Populasi
penelitian ini adalah semua pengguna Grab di Kota Yogyakarta yang jumlahnya
tidak diketahui secara pasti. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Kuesioner telah
diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa 1) Brand Imageberpengaruh positif
dan signifikan terhadap brand loyalty. 2) Brand Trust berpengaruh positif dan
signifikan terhadap brand loyalty.
Kata kunci : Brand Image, Brand Trust, Brand Loyalty.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.