PENGARUH IKLAN, DAYA TARIK WISATA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Wisatawan di Wisata Goa Seplawan Purworejo)

Rully Julinda

Abstract


Goa Seplawan merupakan salah satu tempat wisata di Purworejo yang masih memiliki berbagai permasalahan terkait beberapa hal seperti pembangunan dan daya tariknya. Dalam wisata Goa Seplawan masih terdapat beberapa masalah sehingga dalam penelitian ini membahas permasalaham mengenai iklan, daya tarik wisata, dan juga kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) menguji pengaruh iklan terhadap kepuasan pelanggan di Wisata Goa Seplawan, 2) menguji pengaruh daya tarik wisata terhadap kepuasan pelanggan di Wisata Goa Seplawan, 3) menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di wisata Goa Seplawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Purworejo yang pernah mengunjungi wisata Goa Seplawan Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel sebanyak 120 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan metode skala likert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pada penelitian ini untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dalam mengunjungi wisata Goa Seplawan. 2) daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dalam mengunjungi wisata Goa Seplawan. 3) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dalam mengunjungi wisata Goa Seplawan.
Kata Kunci : iklan, daya tarik wisata, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.