PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UKM KERAJINAN DI KABUPATEN PURWOREJO
Abstract
ABSTRAK
Dengan semakin pesatnya pertumbuhan industri mendorong para pengusaha industri terutama usaha, kecil dan menengah (UKM) untuk menciptakan produk yang semakin kompetitif dan inovatif. Untuk mampu bertahan dalam menghadapi ketidakpastian lingkungan dan kondisi persaingan bisnis yang semakin ketat, para pelaku usaha, kecil dan menengah (UKM) diperlukan strategi yaitu meningkatkan inovasi dan kualitas produknya agar dapat bersaing dengan lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi produk dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing pada usaha, kecil dan menengah (UKM) Kerajinan di Kabupaten Purworejo. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelaku usaha, kecil dan menengah (UKM) Kerajinan yang tercatat di Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DinKUKMP) Kabupaten Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 101 responden. Pengambilan sampel mengacu pada teori Roscoe dengan ukuran sampel yang layak dalam penelitian antara 30 sampai dengan 500. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 24 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.
Kata kunci: Inovasi Produk, Kualitas Produk, dan Keunggulan BersaingFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.