PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND EQUITY YANG DIMEDIASI OLEH BRAND CREDIBILITY (Studi pada Pengguna Jasa J&T Express di Purworejo)

IS TI ANA, TITIN EKOWATI, TITIN EKOWATI, MAHENDRA GALIH PRASAJA, MAHENDRA GALIH PRASAJA

Abstract


ABSTRAK
Berkembangnya pasar e-Commerce membuka peluang bagi pebisnis logistik yang mempunyai potensi besar untuk menopang perekonomian di indonesia. Hal ini terjadi karena bisnis online meningkatkan kebutuhan masyarakat akan jasa pengiriman sebagai perantara proses transaksi jual dan beli antara seller (penjual) dan buyer (pembeli). Salah satu jasa pengiriman logistik yang unggul dan kompetitif yaitu J&T Express, Dengan perkembangan bisnis yang begitu cepat dan kebutuhan konsumen terus menerus berubah membuat perusahaan untuk membuat strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Maka dari itu perusahaan harus memperhatikan celebrity endorser yang menarik dan berpengalaman agar konsumen konsumen percaya terhadap pesan yang disampaikan, sehingga meningkatkan ekuitas merek. Selain itu brand equity juga dapat ditumbuhkan melalui brand credibility. Konsumen akan lebih tertarik jika informasi yang disampaikan dari perusahaan sesuai dengan janji-janjinya dapat terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh : 1) celebrity endorser terhadap brand equity; 2) celebrity endorser terhadap brand credibility; 3) brand credibility terhadap brand equity; 4) celebrity endorser terhadap brand equity dengan memasukkan brand credibility sebagai variabel mediasi.
Populasi penelitian ini konsumen yang pernah menggunakan jasa pengiriman logistik dengan menggunakan J&T Express di kota Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada masyarakat di Purworejo melalui Google Form dengan skala Likert yang terjawab lengkap. Instrumen telah diuji coba dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Hierachical Regression Analysis dan Sobel test.
Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa, 1) celebrity endorser berpengaruh positif terhadap brand equity, 2) celebrity endorser berpengaruh positif terhadap brand credibility,
3) brand credibility berpengaruh positif terhadap brand equity,4) brand credibility memediasi secara parsial pada pengaruh celebrity endorser terhadap brand equity.

Kata Kunci : Celebrity endorser, Brand equity dan Brand credibility


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto