PENGARUH PROMOSI OFFLINE DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN PRODUK EMINA COSMETICS DI PURWOREJO

Destiana Fitrianingsih, Titin Ekowati, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh promosi offline terhadap keputusan pembelian, (2) pengaruh promosi online terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini konsumen yang menggunakan produk Emina Cosmetics di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yang disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form dengan skala Likert yang terjawab lengkap, sesuai kriteria, dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa 1) Promosi offline berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, ditunjukkan dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,191 dengan nilai signifikansi sebesar 0,024 <0,005. 2) Promosi online berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, ditunjukkan dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,590 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,005. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima.

 

Kata Kunci : promosi offline, promosi online, keputusan pembelian, dan Emina Cosmetics.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.