PENGARUH CELEBRITY ENDORSER ATTA HALILINTAR TERHADAP BRAND IMAGE “KOPI ABC SUSU” (Studi pada Masyarakat di Purworejo)

Windyani Neeta Priastari, Endah Pri Ariningsih, Wijayanti Wijayanti

Abstract


ABSTRAK

Persaingan bisnis antara perusahaan kopi bubuk dalam kemasan sachet sangatlah ketat. Untuk memenangkan persaingan tersebut diperlukan strategi yang unggul salah satunya dengan meningkatkan brand image. Agar dalam persepsi konsumen terbentuk image pada produk, perusahaan memerlukan media untuk menyampaian informasi melalui komunikasi pemasaran salah satunya adalah iklan. Dalam periklanan, dukungan celebrity endorser diperlukan untuk meningkatkan motivasi masyarakat dalam memperhatikan dan memproses pesan yang terdapat dalam iklan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh credibility terhadap brand image, (2) pengaruh attractiveness terhadap brand image, (3) pengaruh celebrity match-up product terhadap brand image, dan (4) pengaruh celebrity endorser secara simultan terhadap brand image.

Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah masyarakat yang berdomisili di Purworejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Versi 16.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image; (2) attractiveness pengaruh positif dan signifikan terhadap brand image; (3) celebrity match-up product berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image; dan (4) celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap brand image.

Kata Kunci: Celebrity Endorser, Credibility, Attractiveness, Celebrity Match-up Product, Brand Image.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto