PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HIJAB KHAYRA

zeni mustofa, Titin Ekowati, Mahendra Galih Prasaja

Abstract


Persaingan usaha dialami oleh para produsen busana muslim. Setiap produsen akan saling menawarkan kelebihan yang dimiliki, agar konsumen tertarik dan pada akhirnya konsumen akan memutuskan untuk membeli produk yang dipasarkan. Keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya yaitu celebrity endorser sebagai bagian dari communication. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh trustworthiness terhadap keputusan pembelian, menguji pengaruh expertise terhadap keputusan pembelian, menguji pengaruh physical attractiveness terhadap keputusan pembelian, menguji pengaruh respect terhadap keputusan pembelian, menguji pengaruh similarity terhadap keputusan pembelian, dan menguji pengaruh celebrity endorser yang terdiri dari trustworthiness, expertise, physical attractiveness, respect, dan similarity secara simultan terhadap keputusan pembelian.

Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen hijab Khayra di Purworejo. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka disimpulkan: trustworthiness berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk hijab Khayra, expertise berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk hijab Khayra, physical attractiveness berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk hijab Khayra, respect berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk hijab Khayra, similarity berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk hijab Khayra, dan celebrity endorser yang terdiri dari trustworthiness, expertise, physical attractiveness, respect, dan similarity secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk hijab Khayra.

 

Kata kunci    :  celebrity endorser, trustworthiness, expertise, physical attractiveness, respect, similarity, dan keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.