Pengaruh Celebrity Endorser, Citra merek, dan Kepercayaan merek terhadap minat beli
Abstract
Minat beli merupakan perilaku yang terjadi ketika masyarakat dirangsang oleh faktor eksternal dan berencana untuk melakukan pembelian. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat beli, diantaranya adalah celebrity endorser, citra merek, dan kepercayaan merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) Celebrity endorser terhadap minat beli (2) Citra merek terhadap minat beli, dan (3) Kepercayaan merek terhadap minat beli. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah masyarakat di kabupaten Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang terjawab lengkap, sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel (1) Celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (2) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (3) Kepercayaan merek juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Kata Kunci: Celebrity Endorser, Citra merek, Kepercayaan merek, dan Minat beli.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.