PENGARUH CITRA DESTINASI TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN DIMEDIASI OLEH KEPUASAN WISATAWAN (Studi pada Wisatawan Pantai Menganti, Kabupaten Kebumen)
Abstract
Tempat pariwisata pantai di Indonesia memiliki kekayanan dan kemewahan yang tersembunyi di dalamnya. Kebumen merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak Pantai dan difungsikan sebagai daerah wisata. Dengan munculnya pesaing-pesaing atau trend wisata baru, kita sebelum melakukan suatu perjalanan harus menentukan dan mencari informasi terlebih dahulu mengenai tempat yang akan kita kunjungi, dalam hal ini objek wisata (merek) menjadi faktor pembeda yang sangat penting dalam menawarkan produk. Para pemasar mengelola dengan serius desain strategi untuk meningkatkan citra merek dibenak para konsumen. Tempat pariwisata yang indah dan terawat akan menimbulkan kepuasan pada diri wisatawan sehingga akan memunculkan loyalitas wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh citra destinasi terhadap loyalitas wisatawan, 2) pengaruh citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan, 3) pengaruh kepuasan wisatawan terhadap loyalitas wisatawan, 4) peran mediasi kepuasan wisatawan pada citra destinasi terhadap loyalitas wisatawan.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua wisatawan yang berkunjung ke pantai Menganti minimal dua kali. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling, sedangkan jumlah sampel 120 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, pengukuran menggunakan skala Likert. Kuesioner telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk membuktikan hipotesis penelitian digunakan hierarchical regression analysis.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: 1) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan; 2) citra destinasi berpengaruh positif dan signiifikan terhadap kepuasan wisatawan; 3) kepuasan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan; 4) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan, dalam hal ini berupa mediasi sebagian (partially mediated)
Kata kunci: citra destinasi, kepuasan wisatawan, loyalitas wisatawan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.