PENGARUH e-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN SMARTPHONE SAMSUNG DI PURWOREJO)
Abstract
ABSTRAK
Teknologi yang berkembang saat ini membuat kebutuhan akan smartphone semakin meningkat. Banyak yang akhirnya selalu menginginkan handphone yang dimilikinya disemakatkan tekonologi terbaru. Salah satu smartphone yang selalu melakukan inovasi terbaru yaitu smartphone Samsung. Samsung merupakan innovator dan perusahaan besar dalam pelopor industri teknologi. Sekarang ini banyak konsumen yang cerdas dalam memilih produk smartphone yang akan dibeli. Konsumen mencari informasi terlebih dahulu dari konsumen lain sebagai keyakinannya untuk membeli. Terkadang mereka juga lebih suka mencari review, pendapat, atapun ulasan dari konsumen lain di internet, hal inilah yang disebut dengan electronic word of mouth (e-WOM). Terdapat berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi keputusan berkunjung diantaranya yaitu intensity, valance of opinion, dan content.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh intensity terhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh valance of opinion terhadap keputusan berkunjung. 3) content terhadap keputusan pebelian, dan 4) e-WOM (electronic word of mouth) terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah semua konsumen Smartphone Samsung di Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 120 responden. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian ini menggunakan pengujian secara parsial dan secara simultan. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukan bahwa: secara parsial 1) Intensity berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, 2) Valance Of Opinion berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan 3) Content berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan 4) e-wom (electronic word of mouth) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : e-WOM (Electronic Word Of Mouth), Intensity, Valance Of Opinion, Content, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.