PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN HEDONIC SHOPING TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi pada Konsumen Matahari Departement Store Hartono Mall Yogyakarta)

Reqi Alfera Lianita Jaya, Endah Pri Ariningsih, Wijayanti Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh shoping lifestyle terhadap impulse buying, dan (2) menguji pengaruh hedonic shoping terhadap impulse buying. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Matahari Departement Store Hartono Mall Yogyakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 120 responden dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka disimpulkan (1) shoping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada konsumen Matahari Departement Store Hartono Mall Yogyakarta, dan (2) hedonic shoping berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada konsumen Matahari Departement Store Hartono Mall Yogyakarta.

 

Kata kunci : shoping lifestyle, hedonic shoping, impulse buying


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.