PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI YANG DIMODERASI OLEH POTONGAN HARGA (Studi pada produk Jims Honey di Purworejo)
Abstract
Sekarang ini wanita ingin selalu tampil up to date dan mengikuti perkembangan fashion yang sedang tren, salah satu produk fashion adalah produk tas dan dompet. Banyak merek tas dan dompet dipasaran seperti; Jims Honey, Sophie Martin, Rumah Warna, Gucci, Fossil, Zara dan sebagainya. Produsen dan pemasar perlu mencermati keadaan tersebut, sebab sekarang ini konsumen lebih selektif ketika akan melakukan pembelian suatu produk. Perusahaan harus mampu menetapkan strategi pemasaran yang tepat pada produk yang dihasilkan untuk menumbuhkan niat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) pengetahuan produk terhadap niat beli (2) citra merek terhadap niat beli (3) pengetahuan produk terhadap niat beli yang dimoderasi potongan harga (4) citra merek terhadap niat beli yang dimoderasi potongan harga.
Populasi penelitian ini adalah semua orang yang mengenal produk Jims Honey di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pada penelitian ini untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan Moderated Regression Analysis.
Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa pengetahuan produk berpengaruh
positif terhadap niat beli, citra merek berpengaruh positif terhadap niat beli, potongan harga mampu memoderasi namun memperlemah pengaruh pengetahuan produk terhadap niat beli, dan potongan harga mampu memoderasi namun memperlemah pengaruh citra merek terhadap niat beli. Sehingga dapat di simpulkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dapat diterima.
Kata kunci : Pengetahuan Produk, citra merek, potongan harga, niat beli
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.