PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN SIKAP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pengguna Kartu SimPATI di Purworejo)

Erika Celsiana

Abstract


Teknologi komunikasi berkembang sangat pesat di Indonesia yang memberikan dampak positif dan negatif bagi pelaku usaha telekomunikasi yang saling bersaing dalam memasarkan kartu Subscriber Identity Module atau yang lebih dikenal dengan istilah SIM Card (kartu SIM) andalannya. Mengingat banyaknya produk sim card di pasaran, maka para pelaku usaha dibidang penyedia jasa telekomunikasi harus memiliki strategi pemasaran yang tepat sehingga konsumen dapat memutuskan pembelian yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti motivasi, persepsi, dan sikap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi terhadap keputusan pembelian, pengaruh persepsi terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh sikap terhadap keputusan pembelian.
Populasi pada penelitian ini adalah semua individu di Purworejo yang pernah membeli kartu simPATI. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 120 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) motivasi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) persepsi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan 3) sikap terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: motivasi, persepsi, sikap, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.