PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM, EFIKASI DIRI, DAN MOTIVASI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (Studi Pada Pedagang di Pasar Baledono Kabupaten Purworejo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh nilai etika bisnis Islam terhadap keberhasilan usaha, (2) pengaruh efikasi diri terhadap keberhasilan usaha, serta (3) pengaruh motivasi terhadap keberhasilan usaha. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang di Pasar Baledono Kabupaten Purworejo yang menetap pada kios. Metode pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 139. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai etika bisnis Islam, efikasi diri dan motivasi berpengaruh positif terhadap keberhasilan usaha. Hal ini menunjukan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dan dapat diterima.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Efikasi Diri, Motivasi dan Keberhasilan Usaha
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.