PENGARUH THREAT EMOTION DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN PRODUK WARDAH DI PURWOREJO
Abstract
Persaingan semakin tajam, maka seorang produsen tidak boleh terpaku pada
bentuk produk yang menawarkan manfaat dasarnya saja. Persaingan sekarang bukanlah
apa yang diproduksi perusahaan dalam pabrik tetapi antara apa yang mereka
tambahkan pada hasil pabrik tersebut dalam bentuk pengemasan, iklan, konsultan bagi
pelanggan, pendanaan, pengiriman, pergudangan dan hal-hal lainnya yang dipandang
perlu. Maka dari itu perusahaan perlu memperhatikan threat emotion dan brand trust
agar konsumen tertarik untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji: (1) pengaruh threat emotion terhadap keputusan pembelian produk
Wardah di Purworejo, (2) pengaruh brand trust terhadap keputusan pembelian produk
Wardah di Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini masyarakat Purworejo yang menggunakan produk
Wardah Kosmetik dengan responden 120. Teknik pengambilan sampel dengan
menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei
terhadap responden dengan cara membagikan kuesioner kepada masyarakat Purworejo
yang menggunakan produk Wardah Kosmetik. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner dengan skala likert. Untuk uji validitas menggunakan Pearson Correlation dan
reliabilitasnya dengan Cronbach’s Alpha. Metode analisis data menggunakan analisis
regresi linear berganda dengan bantuan sofwere SPSS Versi 16,0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa threat emotion dan brand trust
berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian produk
Wardah Kosmetik di Purworejo.
Kata Kunci : threat emotion, brand trust dan keputusan pembelian.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.