PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi pada Konsumen Citra Hand and Body Lotion di Kecamatan Klirong)
Abstract
Fenomena munculnya berbagai macam merek hand and body lotion di pasaran menyebabkan produsen saling bersaing dengan ketat. Kondisi persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan harus mampu bertahan dan terus berkembang. Persaingan ketat ini juga membuat perusahaan menciptakan keunggulan bersaing dengan melakukan inovasi terhadap produk-produk yang sudah ada bahkan menciptakan produk baru. Melakukan inovasi merupakan langkah strategis yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka pengembangan produk. Pengembangan produk tersebut dilakukan atas dasar kebutuhan masyarakat serta untuk menjaga loyalitas konsumen. Sebuah perusahaan yang tidak melakukan inovasi, lambat laun akan ditinggalkan oleh konsumennya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen. Populasi penelitian ini adalah konsumen Citra Hand and Body Lotion di Kecamatan Klirong. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dan sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 120 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert yang terjawab lengkap, sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Hasil analisis regresi linear berganda yang diuji secara parsial menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, citra merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, kepercayaan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, dan kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen.
Kata kunci : kualitas produk,citra merek, kepercayaan, kepuasan, loyalitas konsumen
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.