PENGARUH VISUAL MERCHANDISING, PRODUCT DISPLAY DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN RITA PASARAYA DI KOTA KEBUMEN

Pangaji Adi Wicaksono

Abstract


Di era modern ini, persaingan dalam dunia bisnis ritel semakin ketat. Perusahaan ritel berusaha mengenali dan memahami perilaku konsumen dalam melakukan pembelian agar dapat menjadi komsumen potensial. Perkembangan bisnis ritel modern berdampak pada perilaku konsumen yang semula berbelanja dengan niatan terencana menjadi tidak terencana. Perubahan perilaku masyarakat inilah yang menyebabkan pelaku bisnis ritel melakukan berbagai usaha untuk merancang visual merchandising, display produk dan store atmosphere untuk meningkatkan impulse buying dalam toko. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menguji pengaruh visual merchandising terhadap keputusan pembelian impulsif, 2) Menguji pengaruh display produk terhadap keputusan pembelian impulsif, 3) Menguji pengaruh store atmosphereterhadap keputusan pembelian impulsif.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rita Pasaraya Kebumen. Dan sampel yang digunakan adalah 120 responden dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh pihak yang memenuhi persyaratan sampel penelitian. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.
Hasil analisis regresi lenier berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Visual Merchandising, Display Produk dan Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku Impulse Buying secara parsial.
Kata kunci: Visual Merchandising, Display Produk dan Store Atmosphere, impulse buying.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.