PENGARUH HEDONIC SHOPPING TERHADAP IMPULSE BUYING DI MEDIASI OLEH EMOSI POSITIF (Studi pada Konsumen Sakola Jogja)
Abstract
Sakola Jogja merupakan salah satu tempat perbelanjaan dibidang industri fashion yang menawarkan produk dengan penawaran harga yang menarik, ketersediaan stock yang melimpah untuk berbagai koleksinya, tidak monoton, dan selalu uptodate hampir setiap hari, serta penataan interior gerai yang nyaman memicu timbulnya hedonic shopping pada diri konsumen yaitu keinginan pelanggan untuk membeli disebabkan adanya situasi dalam toko yang mendukung ditunjang dengan motivasi pribadi orang tersebut. Hal ini diharapkan dapat menimbulkan emosi positif berupa perasaan gembira pada diri konsumen sehingga dapat mendorong konsumen untuk melakukan impulse buying.
Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menguji pengaruh hedonic shopping terhadap impulse buying melalui emosi positif pada konsumen Sakola Jogja. Populasi penelitian ini adalah semua kosumen Sakola Jogja. Pengambilan sampel menggunakan teknik judgement sampling dan sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 120 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terisi dan terjawab lengkap, jawaban dinilai menggunakan skala likert yang sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan pengujian regresi linier sederhana. Sedangkan untuk pengujian mediasi dilakukan dengan menggunakan teknik hierarchial regression analysis.
Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa variabel hedonic shopping berpengaruh positif terhadap impulse buying, variabel hedonic shopping berpengaruh positif terhadap emosi positif, variabel emosi positif berpengaruh positif terhadap impulse buying, dan hedonic shopping berpengaruh positif terhadap impulse buying dengan dimediasi oleh emosi positif.
Kata kunci : hedonic shopping, impulse buying, emosi positif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.