PENGARUH CITRA MEREK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Abstract
Rizal Kurniawan. Pengaruh Citra Merek dan Word of Mouth terhadap keputusan pembelian Smartphone Xiaomi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo.2020.
Perkembangan teknologi telekomunikasi seperti smartphone yang semakin besar menuntut perusahaan mengembangkan strategi pemasaranya untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Salah satu faktor yang dapat digunakan untuk meningkatkan keputusan pembelian yaitu citra merek sebagai tolok ukur konsumen dalam membeli suatu produk. Begitu pula dengan word of mouth yang berperan sebagai juru bicara produk/merek dan pendukung dalam meningkatkan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menguji pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, 2) menguji pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone Xiaomi di Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan sampel yang digunakan adalah 120 responden dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh pihak yang memenuhi persyaratan sampel penelitian. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa citra merek dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial.
Kata kunci : citra merek, word of mouth, keputusan pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.