PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi pada Konsumen Y.O.U Makeups di Purworejo)
Abstract
Minat beli merupakan kecenderungan untuk membeli sebuah merek atau produk tertentu,
intensitas pemelian umumnya didasari pada kecocokan motif pembelian dengan karakter merekmerek
yang dipertimbangkan. Iklan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan produk dan
selebriti digunakan untuk lebih menarik dalam mendukung penyampaian iklan. Celebrity endorser
merupakan tokoh (actor/aktris, penghibur, atau atlet) yang dikenal masyarakat secara luas untuk
memberi dukungan atau penguat suatu merek. Peneliti ini bertujuan untuk menguji pengaruh
visibility, credibility, attraction dan power celebrity endorser secara parsial maupun secara simultan
terhadap minat beli.
Populasi penelitian masyarakat di Purworejo. Teknik pengambilan sampel dengan teknik
purposive sampling sebanyak 120 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dengan
skala Likert yang sudah diuji coba dan sudah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode
analisis yang digunakan analisis linier berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diketahui bahwa karakteristik
celebrity endorser yang meliputi visibility, credibility, attraction dan power secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Celebrity endorser secara simultan tuga
berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang berarti baik secara simultan maupun parsial dari visibility, credibility, attraction dan
power celebrity endorser terhadap minat beli.
Kata kunci: visibility, credibility, attraction, power, minat beli
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.