PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN VIVO SMARTPHONE (Studi Pada Pengguna Vivo Smartphone di Purworejo)
Abstract
Sekarang ini ada berbagai strategi pemasaran yang dilakukan oleh produsen, salah satunya adalah promosi. Pentingnya peran promosi dalam kegiatan pemasaran produk, maka produsen harus menerapkan beberapa jenis promosi yang disebut sebagai bauran promosi. Bauran promosi adalah paduan dari periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan. Produsen harus dapat mempromosikan produknya dengan semaksimal mungkin agar konsumen memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan tersebut. Berkaitan dengan hal ini, perlu diketahui seberapa besar keputusan pembelian dipengaruhi oleh bauran promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh periklanan terhadap keputusan pembelian. 2) pengaruh penjualan personal terhadap keputusan pembelian. 3) pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. 4) pengaruh hubungan masyarakat terhadap keputusan pembelian. 5) pengaruh pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian.
Populasi penelitian adalah semua pengguna Vivo smartphone di Purworejo. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling, jenisnya adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan 120 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 19 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran promosi yang memiliki lima dimensi yaitu periklanan, penjualan personal, promosi penjulan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan (bersama-sama) bauran promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Bauran Promosi, Periklanan, Penjualan personal, Promosi penjualan, Hubungan masyarakat, Pemsaran langsung, Keputusan pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.