PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK WARDAH DI KOTA PURWOREJO
Abstract
Kosmetik merupakan salah satu produk yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen agar tampil lebih cantik dan menarik. Saat ini banyak ditemukan berbagai merek produk kosmetik di pasaran. Banyaknya produsen yang bergerak pada bidang kosmetik, tentunya dapat menyebabkan persaingan dalam memperebutkan konsumen. Oleh sebab itu, pihak Wardah harus memiliki strategi yang tepat dalam menyiasati persaingan yang ada sehingga konsumen dapat memutuskan untuk melakukan pembelian pada produk yang dipasarkan. Keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh rangsangan pemasaran, salah satunya berupa brand, yang pada penelitian ini difokuskan pada brand equity. Penelitian ini disusun untuk tujuan menguji: pengaruh loyalitas merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek secara parsial terhadap keputusan pembelian.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen produk Wardah di Purworejo. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 3) persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan 4) asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : brand equity, keputusan pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.