PENGARUH FUNGSI KEMASAN PRODUK MELALUI MODEL VIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK FIESTA READY MEAL DI PURWOREJO

Sidratul Muntaha

Abstract


Berkembangnya teknologi saat ini dibidang industri membantu perusahaan menciptakan berbagai bentuk kemasan produk. Perusahaan menghasilkan produk yang sama melalui merek, desain berbeda dan kualitas terbaik bagi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Maka dari itu itu diperlukan evaluasi fungsi kemasan melalui model VIEW. Model VIEW merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi fungsi suatu kemasan produk. Model VIEW meliputi variabel-variabel Visibility, Information, Emotional Appeal dan Workability yang digunakan oleh perusahaan dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menciptakan strategi untuk mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen dengan menggunakan Visibility, Information, Emotional Appeal dan Workability.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) Visibility terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (2) Information terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (3) Emotional Appeal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (4) Workability terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (5) Fungsi kemasan model VIEW secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Populasi penelitian ini adalah konsumen di Purworejo, Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Visibility berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, Information berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, Emotional Appeal, Workability berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Fungsi kemasan model VIEW secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.
Kata kunci : Visibility, Information, Emotional Appeal, Workability dan Keputusan Pembelian Konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.