PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH (EWOM)TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN MELALUIBRAND IMAGE (Studi padaSmartphone Xiaomi)

Uki Anjar Wati

Abstract


Teknologi informasi dan komunikasi saat ini berkembang semakin pesat. Hal tersebut telah mengubah cara berpikir masyarakat modern menjadi berbeda dari segi hal mendapatkan informasi, hiburan, maupun cara berkomunikasi. Penggunaan smartphone yang telah menjadi gaya hidup mulai dari remaja hingga dewasa sehingga menjadi kebutuhan primer masyarakat modern. Dalam memasarkan produknya, salah satu yang digunakan oleh perusahaan yaitu dengan memanfaatkan internet melalui media sosial instagram. Saat ini, konsumen sebelum melakukan pembelian akan mencari informasi tentang suatu produk yang akan dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) electronic word of mouth(eWOM) terhadap niat beli(2) electronic word of mouth(eWOM)terhadap brand image (3) brand image terhadap niat beli (4) electronic word of mouth(eWOM) terhadap niat belimelalui brand image.

Objek penelitian ini adalah smartphone Xiaomi. Populasi penelitian ini adalah Konsumen di Purworejo yang memiliki pengetahuan dan megikuti akuninstagramsmartphone Xiaomi. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Kuesioner telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan hierarchial reggression analyisis.

Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa 1) electronic word of mouth(eWOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. 2) electronic word of mouth (eWOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. 3) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. 4) brand image memediasi secara parsial (partially mediated) pada pengaruh electronic word of mouth(eWOM) terhadap niat beli.

 

Kata kunci: Electronic Word of Mouth (eWOM), Brand Image, Niat Beli


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.