PENGARUH PERSEPSI NILAI DAN KELOMPOK REFERENSI PADA NIAT BELI (Studi pada Konsumen Jam Tangan G-SHOCK di Purworejo)

Joko Pamungkas

Abstract


Persaingan dalam memperebutkan konsumen saat ini tidak dapat dihindari oleh setiap pelaku usaha, salah satunya yaitu produsen jam tangan. Berbagai merek jam tangan banyak kita jumpai di pasar seperti G-SHOCK, Fossil, Seiko, Rolex, Swis Army, dan lain-lain. Maka dari itu produsen dituntut untuk membuat produknya menarik sehingga tertarik, dengan begitu konsumen mempunyai niat untuk membeli merek yang paling disukai. Niat beli sebagai bagian dari model perilaku konsumen yang dapat dipengaruhi oleh faktor persepsi nilai dan kelompok referensi. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh persepsi nilai terhadap niat beli dan pengaruh kelompok referensi terhadap niat beli.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen jam tangan G-SHOCK di Purworejo. pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling yaitu dengan purposive sampling sebanyak 120 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial (Uji t).
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) persepsi nilai berpengaruh positif terhadap niat beli, 2) kelompok referensi berpengaruh positif terhadap niat beli.
Kata kunci: persepsi nilai, kelompok referensi, niat beli


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.