PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (Studi pada pengguna situs Shopee di Purworejo)

Hannifah Fatmalatif

Abstract


Fenomena munculnya perdagangan digital di Indonesia menyebabkan masyarakat saat ini lebih suka melakukan pembelian online daripada offline karena menawarkan kepraktisan dalam berbelanja. Hal itu didukung dengan banyaknya marketplace di Indonesia seperti Tokopedia, Lazada, Zalora, Shopee, Blibli, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) kepercayaan terhadap keputusan pembelian (2) kemudahan terhadap keputusan pembelian (3) keamanan terhadap keputusan pembelian (4) persepsi risiko terhadap keputusan pembelian.
Populasi penelitian ini adalah pengguna situs Shopee di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pada penelitian ini untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kepercayaan, Kemudahan, Keamanan, Persepsi Risiko, Keputusan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.