PENGARUH PERSEPSI NILAI TERHADAP MINAT BELI ULANG YANG DI MEDIASI OLEH KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Pengguna Samsung Smartphone di Purworejo)
Abstract
Semakin canggihnya teknologi di era digital modern ini membuat globalisasi semakin terasa pengaruhnya, kemajuan teknologi informasi menjadikan konsumen lebih kritis dalam membeli produk untuk mereka gunakan, seperti halnya dengan smartphone, banyaknya vendor (supplier) smartphone lama seperti Samsung, Apple yang saat ini bersaing dengan produk smartphone dari vendor (supplier) baru seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Realme. Untuk itu, perusahaan harus memahami perilaku konsumen dalam membuat keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian yang dirasakan konsumen. Perusahaan juga harus membuat konsumen puas karena kepuasaan konsumen tersebut dapat memunculkan minat konsumen untuk kembali membeli produk yang perusahaan tawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) persepsi nilai terhadap minat beli ulang (2) persepsi nilai terhadap kepuasan konsumen (3) kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang (4) persepsi nilai terhadap minat beli ulang yang dimediasi kepuasan konsumen.
Populasi penelitian ini adalah pengguna Samsung smartphone di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pada penelitian ini untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan hierarchical regresion analysis.
Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa persepsi nilai berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, persepsi nilai berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, dan kepuasan konsumen dapat memediasi pengaruh persepsi nilai dengan minat beli ulang secara penuh (full mediation). Sehingga dapat di simpulkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dapat diterima.
Kata kunci : Persepsi nilai, kepuasan konsumen dan minat beli ulang
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.