PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Sepatu Futsal Merek Specs di Kabupaten Purworejo)

Dwiki Ending Saputra

Abstract


Di Indonesia, futsal sudah menjadi olahraga yang populer. Maraknya olahraga futsal khususnya di Kabupaten Purworejo, mengakibatkan minat pembelian sepatu futsal meningkat. Perusahaan harus memiliki cara kreatif dalam beriklan agar dapat menarik keputusan pembelian konsumen. Salah satu cara dalam mengiklankan produk adalah dengan menggunakan celebrity endorser. Kepercayaan (trustworthy), keahlian (expertise) dan daya tarik (attractiveness) adalah komponen-komponen dari celebrity endorser. Dengan adanya celebrity endorser yang disukai dan dihormati oleh khalayak dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen yang kemudian memunculkan keputusan pembelian terhadap produk sepatu futsal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, keahlian, dan daya tarik celebrity endorser terhadap keputusan pembelian.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah pengguna sepatu futsal merek Specs di Kabupaten Purworejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reabilitasnya.
Hasil menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel celebrity endorser yang terdiri dari kepercayaan, keahlian, dan daya tarik terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan.
Kata Kunci : Celebrity endorser, kepercayaan, keahlian, daya tarik, keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.