PENGARUH EMOTION MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN OJEK ONLINE (Studi pada Pengguna Ojek Online Grab di Kebumen)

Try Sedya Nuansa

Abstract


Transportasi umum berbasis online di Indonesia saat ini telah berkembang. Salah satu faktor pendukung suksesnya transportasi umum berbasis online adalah kecanggihan sistem informasi yang ada sehingga terciptanya suatu aplikasi yang mampu memenuhi kebutuhan transportasi umum dari pengguna smartphone. Hal tersebut sangat menuntut perusahaan untuk melakukan pemasaran yang baik agar dapat memenangkan persaingan di dunia transportasi berbasis online dan mencapai tujuan dari perusahaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan dan memenangkan persaingan adalah dengan emotion marketing yang dapat mempengaruhi keputusan penggunaan ojek online Grab dalam menggunakan ojek online, sehingga pihak ojek online dapat mengetahui perilaku pengguna untuk tetap menggunakan ojek online seperti apa dan kemudian dapat diterapkan dengan baik oleh pihak ojek online.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji : 1. Pengaruh equity value pada pengguna ojek online Grab terhadap keputusan penggunaan, 2. Pengaruh Experience pada pengguna ojek online Grab terhadap keputusan penggunaan, 3. Pengaruh Energy pada pengguna ojek online Grab terhadap keputusan penggunaan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diolah secara langsung dari kuesioner yang diisi oleh pengguna ojek online. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 120 responden. Kuesioner telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.
Hasil analisi regresi linier berganda menunjukkan bahwa Equity Value berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan ojek online. Experience Value berpengaruh postif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan ojek online. Energy Value berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan ojek online.
Kata kunci : Equity Value, Experience Value, Energy Value dan Keputusan Penggunaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.