PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi Pada Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purworejo)

Aprilia Eka Aryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi internal dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purworejo yang merupakan unit kerja dari Direktorat Jenderal Pajak yang melaksanakan pelayanan dibidang perpajakan. Berkaitan dengan sumber daya manusia permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana cara menjadikan pegawai memiliki kepuasan kerja yang tinggi. Berkaitan dengan hal tersebut, terciptanya kepuasan kerja dapat terjadi karena adanya komunikasi internal dan budaya organisasi.
Populasi pada penelitian ini adalah pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purworejo, yaitu 105 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling, yaitu sebanyak 83 pegawai. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis dan analisis data dengan bantuan aplikasi SPSS.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan komunikasi internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, serta komunikasi internal dan budaya organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja.
Kata kunci : komunikasi internal, budaya organisasi, dan kepuasan kerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.