PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PADA AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK AQUA DI PURWOREJO
Abstract
Persaingan bisnis dewasa ini kian hari semakin kompetitif, pemicunya adalah terjadinya modernisasi dan globalisasi yang menyebabkan kemajuan teknologi yang pesat dan perubahan lingkungan yang cepat. Oleh karena itu, para pelaku usaha harus terus melakukan inovasi dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam dan untuk mempertahankan pelanggan serta memenangkan persaingan dalam bisnis.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji; (1) pengaruh brand image terhadap brand loyalty pada air minum dalam kemasan merek AQUA; (2) pengaruh brand trust terhadap brand loyalty pada air minum dalam kemasan merek AQUA. Populasi penelitian ini konsumen produk merek AQUA di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 orang. Pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling yaitu dengan Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan realibilitas. Analisis data menggunakan regresi linear berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel brand image dan brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa brand image dan brand trust secara parsial memiliki pengaruh terhadap brand loyalty.
Kata kunci: brand image, brand trust dan brand loyalty.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.